Laman

Rabu, 02 September 2015

SIDOARJO

           Sidoarjo adalah salah satu kota yang terletak di provinsi jawa timur. Sidoarjo sering disebut sebagai kota bandeng. Mengapa demikian, karena sidoarjo memiliki hasil tambak bandeng dan udang yang besar. Mayoritas pekerjaan penduduk pesisir sidoarjo adalah sebagai nelayan dan petani bandeng dan udang. Disisi lain, orang juga sering menyebut sidoarjo sebagai "delta". karena kota sidoarjo di apit oleh dua sungai yaitu sungai mas dan sungai brantas. Sidoarjo memiliki banyak ragam budaya, makanan, dan ciri khas.
Ciri khas kabupaten sidoarjo adalah bandeng dan udang.


       Makanan khas dari kabupaten sidoarjo adalah lontong kupang, bandeng asap, sate kerang, dan krupuk udang. Selain kaya akan makanan khasnya, sidoarjo juga memiliki banyak ragam budaya di antaranya yaitu lelang bandeng dan nyadran.

 Lelang bandeng adalah suatu kegiatan rakyat pesisir kab sidoarjo untuk memperingati maulid nabi muhammad saw dan mewujudkan rasa syukur kepada allah swt atas limpahan hasil panen bandeng para petani bandeng . 
       Nyadran ini dilakuka pada saat bulan ruwah sering di sebut ruwatan. kegiatan ruwatan ini meliputi bersih desa, ruwah desa di makam leluhur ( orang yang babat desa ) dengan membawa tumpeng dan hasil hasil kebun para warga. Tradisi ini juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
        Sidoarjo juga memiliki beberapa cargar budaya yg sampai saat ini masih terjaga dan terawat dengan baik, diantaranya candi sumur, candi pari, candi pematon, candi madelam, candi dermo.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar